Occlumency

Occlumency

pelindung pikiran.

Apa itu Occlumency?
Occlumency adalah sihir yang digunakan untuk menutup pikiran seseorang terutama untuk menghalangi Legilimency (lawan Occlumency untuk membaca pikiran seseorang). Sihir ini sudah ada sejak abad ke-14, dan telah digunakan untuk mencegah seorang Legilimens (sebutan untuk pengguna Legilimency) sehingga dia tidak bisa mempengaruhi atau melihat isi pikiran dan perasaan targetnya. Penyihir yang bisa mempraktekkan Occlumency dikenal dengan sebutan Occlumens.

Sebagai sebuah “pertahanan pikiran secara magis untuk menghalangi penyusupan dari luar”, penggunaan Occlumency memiliki kemungkinan membuat Kutukan Imperius menjadi tidak efektif, atau paling tidak mengurangi keefektifannya. Hal ini memang tidak pernah dikonfirmasi sebelumnya. Meski demikian, Severus Snape menganggap jika Occlumency terlihat seperti kekuatan yang berpeluang untuk melawan Kutukan Imperius.

Occlumency sendiri bukan objek pelajaran yang diberikan di Hogwarts, yang paling mungkin hanyalah sihir ini diajarkan kepada siswa berpotensi secara khusus. Snape menggambarkan Occlumency sebagai “cabang sihir kurang jelas”, menunjukan jika memang tidak banyak umum mengetahui tentang sihir satu ini.
Cara Melakukan Occlumency?
Dilihat dari praktek yang diajarkan oleh Snape kepada Harry Potter, bentuk paling dasar dari Occlumency melibatkan “pembersihan pikiran”, membuat pikiran “kosong dan hampa” sebagai pencegahan terhadap interupsi Legilimens untuk merasakan emosi orang tersebut. Occlumency yang lebih sulit melibatkan lebih banyak penekanan pada pikiran, emosi, dan memori yang akan bertentangan dengan apa yang ingin dilihat oleh Legilimens.

Jika digambarkan, maka hal ini seumpama membuat sebuah “lapisan mental palsu” yang mengelabui perspektif Legilimens ketika melihat dalam pikiran. Lapisan tersebut “membohongi” pandangan Legilimens, menghasilkan dirinya percaya jika hal yang dilihat adalah benar, walau kenyataannya hal sebenarnya atau pikiran sebenarnya bersembunyi jauh di dalam.

Kemampuan kompleks ini memerlukan tekad kuat, mirip dengan saat kita menolak Kutukan Imperius, yang dari terdengarnya saja sangat sulit untuk dilakukan. Dikatakan juga bahwa jika bisa melakukannya, maka kita bisa menolak pengaruh Veritaserum.
Penggunaan Occlumency Selama Ini
Occlumency sudah digunakan sepanjang sejarah mencatat, dari era Gellert Grindelwald yang menggunakan kemampuan ini untuk melindungi pikiran dari seorang Queenie Goldstein, sang ahli Legilimency. Grindelwald dikatakan sebagai seorang pengguna Occlumency yang sangat handal. Dirinya mampu menyembunyikan pikiran dengan alami, bahkan setelah berusia lanjut pun, Grindelwald masih bisa mempertahankan pikirannya hingga seorang Voldemort pun gagal menembus perisainya.

Atau Bartemius Crouch Junior yang berhasil mengelabui Legilimens setingkat Albus Dumbledore serta Snape saat dirinya menyamar menjadi Alastor Moody.

Salah satu tahun paling terkenal dalam pengenalan Occlumency adalah 1995-1996 di mana Severus Snape diminta untuk mengajarkan mantra ini kepada Harry Potter untuk mencegah pikirannya dibaca oleh Voldemort. Sebagai seorang ahli Occlumency yang terbukti sudah berhasil mengelabui Legilimens Pangeran Kegelapangan, Snpa masih saja kesulitan untuk mengajarkan Occlumency pada Harry yang berujung gagalnya pembelajaran mereka. Akhir dari pelatihan ini memang tidak baik dengan Snape yang menolak untuk melanjutkan pembelajaran yang berujung pada kejadian di Hall of Prophecy.

Salah satu detail penggunaan Occlumency oleh Voldemort adalah tepat setelah pertempuran di Departemen Misteri, dirinya menyadari hubungan dengan Harry, dan menggunakan Occlumency untuk mengunci pikirannya sendiri. Hal ini tentu berdampak pada Harry juga yang mana dia tidak bisa lagi melihat/memimpikan isi pikiran Voldemort. Sayangnya pada 1997-1998, Voldemort mulai kehilangan kendal, frustasi akan kekalahan Pelahap Maut secara berulang membuatnya lupa menggunakan Occlumency dan membuat Harry kembali bisa melihat pikirannya, terlebih saat Voldemort mengatur ulang lokasi persembunyian Horcrux.

Hal lain yang juga sedikit banyak mengejutkan adalah pada tahun 1996, Bellatrix Lestrange melatih Draco Malfoy ilmu Occlumency agar dia bisa menyembunyikan misi untuk membunuh Dumbledore.
Ingin menjaga pikiranmu dari pembaca usil? Kamu bisa mulai belajar Occlumency lho! Namun perludiingat jika mantra ini bukanlah semabarang mantra. Butuh kegigihan dan ketekunan yang tegas untuk bisa menguasainya. Jadi, tertarik ingin belajar?

SELAMAT MENCOBA!





world of potter.

INDONESIA



Gabung dengan kami untuk melihat lebih banyak di SINI!
coded by Issie